Mengenal Tanda – Tanda Materai Elektronik Yang Asli

156 views

Seputar.duniacm.com Hallo sahabat media kembali lagi dengan admin yang selalu membagikan informasi terbaru, kali ini admin akan membahas mengenai Tanda-tanda materai elektronik yang asli.

E-materai atau materai elektroinik yang telah di sahkan oleh pihak kemenntrian keuangan (Kemenkeu) pada 1 oktober 2021 lalu, serta diikuti beberapa peraturan bea materai.

Peraturan tersebut yang pertama membahas soal aturan pembayaran bea materai menggunakan materai elektronik, kemudian yang keduanya soal pengadaan, pengelolaan, dan penjualan materai sesuai dengan peraturan pemerintah Nomor 86 Tahun 2021.

Dan untuk tujuannya dikeluarkan peraturan bea materai yang berkaitan dengan E-materai ini sebagai bentuk memberi akses kemudahan soal pembayaran bea materaiyang terutang atas dokumen berbentuk elektronik.

Seperti yang dikutip di pajak.co.,id juga menjelaskan tujuan peraturan ini memberikan kepastian hukum mengenai pelaksanaan pencetakan materai tempel, pembuatan dan distribusi materi elektronik, serta distribusi dan penjualan materai tempel melalui penugasan.

Sesuai dengan namanya, penggunaan E-materai digunakan pada dokumen yang terutang bea materai melalui sistem materai elektronik dengan membubuhkan materai elektronik. Pada umumnya materai fisi, E-materai mempunyai ciri khas unik dan dilengkapi dengan tekhnologi digital sehingga aman dan mudah dikenali.

Bentuk E-materai mempunyai kode unik berbentuk nomor seri sejumlah 22 nomor, disertai dengan lambang gambar Negar Garuda Indonesia. Pada e-materai ini juga terdapat tulisan “MATERAI ELEKTRONIK”, serta angka dan tulisan yang menunjukkan tarif bea materai.

Terkait dengan peraturan kedua soal pengadaan, pengelolaan dan penjualan materai, Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri) merupakan pelaksana pencetakan dalam materai tempel serta pembuatan distribusi materai elektronik.

Seperti yang telah disampaikan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, mengutip dari kemenkeu.go.id menyampaikan Perum Peruri juga turut melakukan edukasi, kampanye dan penyampaian informasi kepada masyarakatdalam penggunaan E-materai atau materai elektronik.

Penutup

Untuk informasi yang admin paparkan mengenai Mengenal Tanda – Tanda Materai Elektronik Yang Asli, mungkin hanya itu yang dapat admin sampaikan semoga bermanfaat buat kalian. Kemudian untuk kalian yang ingin mengetahui informasi-informasi yang menarik lainnya silahkan kalian kunjungi seputar.duniacm.com, Akhir kata sekian dan terimakasih.

Gallery for Mengenal Tanda – Tanda Materai Elektronik Yang Asli

Leave a Reply

Your email address will not be published.