Segera Uninstal, 8 Aplikasi Berbahaya Menyimpan Malware Di Smarphone

193 views

seputar.duniacm – Laporan dari Quick Heal Security Labs merilis bahwa ada delapan aplikasi berbahaya untuk pengguna Smartphone. Kedelapan aplikasi Android tersebut diidentifikasi telah disusupi malware Joker yang sangat berbahaya.

Kedelapan aplikasi yang membawa malware Joker itu ditemukan di toko aplikasi milik  Google, yakni Play Store. Diketahui, Joker merupakan virus Trojan yang mampu mengelabui pemeriksaan keamanan Play Store.

Dengan demikian, Joker bisa menyusup di banyak aplikasi yang dipampang di toko Google. Potensi berbahaya dari aplikasi ini adalah bisa mencuri data pribadi pengguna Android secara diam-diam. 
 
Malware Joker bisa mencuri informasi pribadi dari perangkat korban lewat SMS, daftar kontak, dan informasi perangkat.

Tak hanya itu, malware tersebut juga mampu berinteraksi dengan situs iklan secara diam-diam dan mendaftarkan korban ke situs berlangganan premium tanpa sepengetahuan mereka.

Baca juga: 5 Aplikasi Edit Foto Jadi Video Bermusik Paling Hits

Nantinya, layanan berlangganan itu mulai mengambil uang dari rekening bank korban. Sejauh ini, aplikasi berbahaya tersebut sudah dilaporkan ke Google dan telah dihapus dari Play Store. 
 
Meski sudah dihapus, pengguna hp Android yang terlanjur mengunduhnya diwajibkan untuk segera menghapus aplikasi-aplikasi tersebut. 
 
Berikut daftar delapan aplikasi yang membawa malware Joker:
 
1. Auxiliary Message

2. Fast Magic SMS

3. Free CamScanner

4. Super Message

5. Element Scanner

6. Go Messages

7. Travel Wallpapers

8. Super SMS.

Leave a Reply

Your email address will not be published.